Edit Content
Click on the Edit Content button to edit/add the content.

BERITA TERKINI

FAKULTAS EKONOMIKA & BISNIS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG

Dosen Fakultas Ekonomika & Bisnis Berhasil menyelesaikan Gelar Doktor

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Untag Semarang telah menambah satu doktor baru, setelah salah satu dosennya Dra. Hikmah, SE, MSi telah dinyatakan lulus sebagai doktor bidang manajemen pada yudisium Program Studi Manajemen Program Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW Salatiga, belum lama ini.

Melalui disertasinya yang berjudul “Model Kepatuhan Pajak Berbasis Theory of Planned Behavior, dan Mental Accounting (Studi Empiris telah UKM di Jawa Tengah)”, Hikmah telah menyampaikan tujuan dari penelitiannya yakni untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh sikap terhadap kepatuhan pajak, norma diskriptif, norma personal, niat kepatuhan pajak, kinerja keuangan, dan mental accounting terhadap kepatuhan pajak.

Diterminan tersebut, kemudian dikembangkan berdasarkan theory Planned Behavior dan penjabaran norma sosial, dengan jumlah sampel dalam studi ini sebarannya sebanyak 209 pemilik UKM dalam bentuk Badan di Provinsi Jawa Tengah Indonesia, kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. jelasnya.

Pada acara tersebut telah dihadiri oleh Rektor Untag Semarang Prof. Dr. Drs. Suparno, MSi, bersama Wakil Rektornya, dan Dekan FEB Untag Dra. Nurchayati, SE, MM, AK. CA. bersama jajarannya, serta keluarga ibu Hikmah, yakni suaminya R. Rachmiyanto, SE, MSi dan kedua putra putinya Rofifah Salma Huwaida dan Muhammad Iqbal Arrasyid.

Prof. Suparno saat menghadiri acara tersebut menyampaikan selamat kepada Dr. Hikmah yang telah lulus sebagai doktor baru, sehingga dapat memperkuat SDM di FEB Untag.

Dalam pesannya disampaikan bahwa gelar doktor bukanlah akhir dari segalanya, justru ini sebagai langkah awal dalam mempertanggung jawabkan keilmuannya. Untuk itu perlu dikembangkan lebih lanjut, agar dapat menjadi profesor, mengingat usianya yang masih 55 tahun, sehingga masih berkesempatan untuk meraih jabatan tersebut.
Hal itu sama seperti yang dilakukan oleh Prof. Dr. Gita Sugiyarti, MSi yang pada bulan Agustus 2022 lalu telah dikukuhkan menjadi guru besar bidang manajemen pada FEB Untag Semarang.

Dekan FEB Untag Nurchayati, menyampaikan apresiasi kepada Dr. Hikmah yang telah berhasil meraih gelar doktor bidang manajemen, karena hal ini akan memperkuat komponen dibidang SDM, terkait perolehan akreditasi unggul yang sedang dipersiapkan oleh FEB Untag saat ini.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa dalam rangka mempersiapkan akreditasi unggul tersebut, FEB Untag terus melakukan pengembangan SDM bagi dosennya, dan saat ini guru besar yang ada di FEB ada dua orang, dan dalam waktu dekat akan menambah satu profesor lagi yang akan dikukuhkan sebagai guru besar, sementara masih ada tiga calon profesor yang sudah masuk dalam antrean di LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah.

Lebih lanjut Hikmah menyampaikan bahwa dari hasil penelitiannya telah menunjukan bahwa sikap terhadap kepatuhan pajak, norma injungtif, norma subyektif, norma personal dan kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap niat kepatuhan pajak pemilik UKM.

Selanjutnya kinerja keuangan dan niat kepatuhan pajak berpengaruh positif terhadap prilaku kepatuhan pajak, selain itu niat untuk patuh memediasi pengaruh kinerja keuangan terhadap prilaku kepatuhan pajak.

Namun, tidak menemukan bukti empiris bahwa norma deskriptif berpengaruh terhadap niat untuk patuh; dan mental accounting tidak terbukti memiliki peran dalam memperkuat pengaruh niat kepatuhan pajak pada prilaku kepatuhan pajak.

Studi ini berkontribusi pada literatur kepatuhan pajak melalui ukuran norma subyektif yang lebih komperhensif dan penggunaan kinerja keuangan sebagai ukuran alternatif dari persepsi kontrol prilaku.

feb@untagsmg.ac.id

Informasi Kontak

Kampus I : JL. Pawiyatan Luhur, Bendan Duwur, Semarang

Kampus II : JL. Imam Bonjol No 161, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Semarang

Pelayanan Offline

Senin – Jumat : 08.00 – 15.00

Sabtu : 08.00 – 13.00

Maps

©2020. Fakultas Ekonomika & Bisnis Untag Semarang Reserved


Fatal error: Uncaught Error: Call to undefined method ElementsKit::version() in /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-content/plugins/elementskit-lite/widgets/init/enqueue-scripts.php:50 Stack trace: #0 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/class-wp-hook.php(324): ElementsKit_Lite\Widgets\Init\Enqueue_Scripts->elementor_js() #1 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/class-wp-hook.php(348): WP_Hook->apply_filters() #2 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/plugin.php(517): WP_Hook->do_action() #3 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-content/plugins/elementor/includes/frontend.php(586): do_action() #4 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-content/plugins/elementor/includes/frontend.php(781): Elementor\Frontend->enqueue_scripts() #5 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/class-wp-hook.php(324): Elementor\Frontend->wp_footer() #6 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/class-wp-hook.php(348): WP_Hook->apply_filters() #7 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/plugin.php(517): WP_Hook->do_action() #8 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/general-template.php(3066): do_action() #9 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-content/plugins/elementor/modules/page-templates/templates/canvas.php(49): wp_footer() #10 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-includes/template-loader.php(106): include('...') #11 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-blog-header.php(19): require_once('...') #12 /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/index.php(17): require('...') #13 {main} thrown in /www/wwwroot/feb.untagsmg.ac.id/wordpress/wp-content/plugins/elementskit-lite/widgets/init/enqueue-scripts.php on line 50