Magister Manajemen FEB UNTAG Semarang Gelar Workshop Metodologi Penelitian

Program Studi S2 Magister Manajemen UNTAG Semarang menyelenggarakan workshop Penyegaran Metodologi   Penelitian Online 2021 dengan tema  Cara Efektif Menemukan Ide Penulisan Tesis, Sabtu, 27 Februari 2021 Pukul 08.30 - 15.30 WIB. Kegiatan workshop menghadirkan dua orang narasumber yaitu Prof. Dr. Widodo dengan presentasi tentang “Metodologi Penelitian”,  dan Prof. Dr. Emiliana Sri Pujiarti dengan presentasi tentang “Cara Efektif dan Mudah Menemukan Ide Penelitian”. Acara webinar diikuti bapak ibu dosen dan mahasiswa Magister  Manajemen  melalui layanan Zoom dan Youtube,  dengan dipandu Ketua Program Studi S2 Magister Manajemen Dr. Sulistiyani.

Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNTAG Semarang Dra. Hj Nurchayati SE MM AK CA saat membuka workshop mengatakan mahasiswa Magister Manajemen di akhir studi diwajibkan menyusun tesis. Untuk itu ilmu tentang metodologi penelitian menjadi penting dalam memilih judul penelitian. Demikian halnya dosen-dosen juga berkewajiban melakukan penelitian di semua jenjang kepangkatan, serta mempublikasikannya ke jurnal ilmiah. Untuk itu pihaknya berharap para dosen dan mahasiswa benar-benar memanfaatkan kegiatan ini.

Rektor UNTAG Semarang Prof. Dr. Drs. Suparno MSi dalam paparannya sebagai Keynote Speaker menjabarkan UNTAg Semarang yang dibangun para pendiri dalam dunia pendidikan memberikan warna khusus pada pola ilmiah sebagai perguruan tinggi yang mampu bersaing pada ilmu pengetahuan, berkarakter nasionalisme, Pancasilais, dimana cita-cita luhur para pendiri memberikan landasan berpijak agar UNTAG Semarang mampu memberikan sumbangsih abadi bagi bangsa dan negara. Ada lima filosofi UNTAG Semarang sebagai landasan berpijak yang harus diketahui oleh semua civitas akademika, yaitu: (1) olah hati, yaitu pendidikan berkarakter berbasis nilai-nilai Pancasila; (2) olah pikir, yaitu semua kegiatan yang dilaksanakan harus rasional, berdasar pada literasi, data dan informasi yang benar; (3) olah karsa, yaitu berkarya dan berbuat sesuatu yang terbaik sebagai kiprah saling menghargai dan berpikiran postitif thingking; (4) olah rogo, yaitu dalam berpijak berdasarkan nilai-nilai Pancasila untuk masyarakat Indonesia yang lebih baik; dan (5) semangat persatuan dan kesatuan. Filofi tersebut menjadi landasan untuk melaksanakan visi dan misi UNTAG Semarang “Terwujudnya UNTAG Semarang semakin maju, bermartabat, berdaya saing di tingkat nasional dan internasional berbasis riset dan berjiwa nasionalisme dan Pancasilais”. Mahasiswa UNTAG Semarang berpartisipasi mewujudkannya melalui tri dharma perguruan tinggi : pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dilakasanakan sinergitas dan berkelanjutan. Harapannya melalui kegiatan workshop ini dihasilkan tesis yang berkualitas, dan terhindar dari plagiarisme. Pada akhirnya diharapkan tercipta tulisan ilmiah yang baik, penuh kreativitas, dan kemandirian sebagai sumbang kepada nusa dan bangsa. Muaranya adalah terbentuk mahasiswa yang cerdas, kreatif, kritis menciptakan inovasi baru.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas