Lulusan FEB UNTAG Semarang Ikuti Wisuda ke-82

Minggu, 08 November 2020

Administrator

Universitas

Dibaca: 182 kali

Rektor Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang Prof. Dr. Drs. Suparno, Msi pada hari Sabtu 7 Nopember 2020 secara resmi melantik dan mewisuda 373 wisudawan.  Pada prosesi Wisuda ke 82 yang digelar secara daring ini, Fakultas Ekonomika dan Bisnisi meluluskan 60 orang, terdiri  dari Magister Manajemen 16 Wisudawan, Sarjana Strata 1 Manajemen 26 wisudawan, dan Sarjana strata 1 Akuntansi sejumlah 18 wisudawan. Kepadanya diberikan ijazah sesuai dengan gelarnya beserta hak dan kewajibannya yang melekat pada gelar tersebut.

Rektor didampingi Dekan FEB Dra. Hj. Nurcahayati SE MM Ak. CA dalam kesempatan ini memberikan penghargaan wisudawan terbaik, yaitu Shofia Hardiyanti dari Prodi S1 Manajemen, Masyitha Fajar Fatwaningrum dari Prodi S1 Akuntansi dan Eni Diyah Sukardinah dari Prodi Magister Manajemen.

Bapak Rektor dalam kesempatan sambutan menyatakan, wisuda UNTAG Semarang kali ini dilaksanakan secara daring dengan tujuan mengurangi penularan Covid-19. Meskipun demikian tidak mengurangi rasa esensi nilai atau bobot dibandingkan dengan penyelenggaraan wisuda secara langsung (tatap muka).

Lebih lanjut Rektor menyatakan sampai saat ini sumber daya manusia unggul masih menjadi tuntutan utama dalam rangka menyongsong era emas Indonesia. Dalam berbagai forum, Presiden RI menyampaikan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan prioritas utama pemerintah RI. Pembangunan SDM adalah kunci kemajuan Indonesia di masa depan. SDM unggul memiliki korelasi yang erat dengan peningkatan produktivitas kerja dalam memenangkan persaingan dalam dunia bisnis, ekonomi, politik maupun budaya. Dalam membangun SDM unggul, perguruan tinggi tampi di garda terdepan. PT adalah institusi yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mencetak SDM yang kompetitif, inovatif, berkarakter yang mampu bersaing di tingkat global. SDM yang unggul tidak hanya mengandalkan kemampuan akademis, ttapi perlu ditunjang dengan adanya keterampilan-keterampilan yang mendukung kegiatan akademis.

Rektor melanjutkan, dalam rangka menyongsong era revolusi 4.0 setidak-tidaknya ada sepuluh keterampilan yang harus ditanamkan pada alumni, yaitu: bisa memecahkan masalah-masalah yang rumit, berfikiran kritis, banyak kreativitas, manajemen manusia yang diatur dengan baik, koordinasi dengan orang lain yang baik, membangun komunikasi yang baik, kecerdasan emosional yang dibangun dengan baik, pengambilan keputusan yang selalu menyandarkan pada hati nurani, dan orientasi pada layanan, negoisasi, dan selalu berpositif thinking.

Untuk mempersiapkan SDM unggul, UNTAG Semarang senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa, dengan memfasilitasi dosen untuk memperoleh program studi S3. Dengan meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran. Disamping itu melalui unit center Untag Semarang bekerja sama dengan United State Agency Internasional Development setiap tahun mengadakan pelatihan jobs skill bagi mahasiswa agar mereka tidak hanya membekali kemampuan akademik saja namun memiliki kemampuan non akademik, sehingga akan menjadi SDM yang unggul dan masing-masing mendapatkan pekerjaan yang layak.

Dalam kesempatan wisuda ini, Bapak Rektor memperkenalkan sejumlah perkembangan di UNTAG Semarang, diantaranya pada TA 2020-2021 UNTAG Semarang menerima mahasiswa baru sebanyak 2009 mulai dari D3, S1, S2 magister dan doktor. Selain itu ada 200 mahasiswa yang mendapatkan uang kuliah tunggal (UKT) pandemi-19 dari pemerintah, sejumlah 41 mahasiswa mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, 7 mahasiswa lolos program internasional tranfer kurikulum yang didanai oleh Direktorat Jenderal Tinggi – 1 mahasiswa kuliah di Van Lang University Vietnam program S2 Hukum, Untar Malaysia 3 mahasiswa, Yongsan University 3 mahasiswa. Prestasi lain yaitu 5 proposal mahasiswa Untag Semarang lolos kompetisi proposal inovasi bisnis dari mahasiswa dari FEB dan FT; juga 8 Mahasiswa dari FH FISIP FEB FT diterima dalam program mahasiswa bersertifikasi selama enam bulan, yang ditempatkan di beberapa BUMN dan Kawasan Berikat Jakarta. Pada tahun 2019-2021 UNTAG Semarang mendapatkan hibah kompetisi institusi sebesar 998 juta rupiah dari Kemristekdikti, tiga program studi mendapatkan bantuan program merdeka belajar dan kampus merdeka yang dibiayai oleh Kemenristekdikti. Kepercayaan lainnya pada tahun 2020 UNTAG Semarang oleh Mahkamah Agung untuk melakukan penyelenggaraan pelatihan mendapatkan sertifikat mediator. Pada tahun 2020 juga mendapat penghargaan dari USAID atas penyelenggaraan pelatihan softskill bekerja sama dengan Education Development Center, dalam program penciptaan siap kerja bagi mahasiswa sebanyak 14 batch terdiri 698 mahasiswa strata 1. Terakhir beberapa program studi mempertahankan dan memperoleh peningkatan akreditasi, termasuk Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas