FEB Untag Semarang Gelar Pelepasan Periode II, Luluskan 53 Sarjana dan 34 Magister

Rabu, 23 Oktober 2019

Administrator

Fakultas

Dibaca: 418 kali

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang pada hari Rabu tanggal 23 Oktober 2019 menggelar acara Pelepasan dan Syukuran Periode II. Bertempat di di ruang Rama Shinta Ball Room Patra Semarang Convention Center Hotel, acara pelepasan diikuti 87 calon wisudawan yang telah menyelesaikan studi, terdiri 24 orang dari Program Studi S1 Manajemen, 29 orang dari Program Studi S1 Akuntansi dan 34 orang dari Program Studi S2 Magister Manajemen.  Penglepasan ditandai dengan pengalungan samir, penyerahan buku kenangan dan kartu alumni oleh Dekan FEB Dra. Nurchayati SE MM Ak CA didampingi wakil dekan dan ketua program studi. Hadir dalam acara ini, Pengurus Yayasan Pendidikan 17 Agustus 1945 Semarang Prof. Sarsinto Rini dan Drs. H. Sujanto, Rektor Untag Semarang Prof. Dr. Drs. H Suparno MSi, Wakil Rektor III Drs. Harsoyo MSi, Wakil Rektor IV Prof. Dr. Retno Mawarini Sukmariningsih, Dekan di lingkungan UNTAG Semarang, perwakilan alumni, dan para mitra kerja.

Dekan dalam sambutannya mengatakan FEB UNTAG Semarang selalu berupaya meng-update kurikulum agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan zaman, khususnya menghadapi globalisasi dan Revolusi Industi 4.0. Semua program studi telah B dan ke depan ditingkatkan menjadi terakreditasi A, dengan didukung lembaga penjaminan mutu. Kurikulum berbasis pada teknologi informasi (IT) ditujukan agar lulusan dari perguruan tinggi mampu menjawab berbagai perubahan yang cepat dan dinamis, seperti halnya pesatnya ekonomi kreatif.  Saat ini FEB UNTAG Semarang telah memiliki 13 orang dosen bergelar doktor - dimana 4 di antaranya sedang mengajukan jabatan guru besar / profesor, dan sisanya berstrata S2. Selain itu FEB UNTAG Semarang telah melengkapi berbagai fasilitas, seperti gerai UMKM, tax center, bursa efek, dan tempat uji kompetensi (TUK) terakreditasi BNSP. Selain itu pihaknya juga kerap menggelar seminar dan workshop yang mendatangkan para usahawan. Hasilnya beberapa mahasiswa mendapat hibah DIKTI, salah satunya pembuatan website untuk pemasaran UMKM.

Lebih lanjut Dekan menambahkan, sejalan dengan program kerja Presiden Jokowi untuk mendorong ekonomi kreatif, pihaknya telah menerjunkan mahasiswa dan dosen FEB UNTAG Semarang ke desa binaan di Kabupaten Semarang sebagai implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Oleh karenanya kepada para calon wisudawan didorong terjun ke ekonomi kreatif, tidak hanya menjadi pegawai negeri / swasta.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Rektor UNTAG Semarang mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali atas kepercayaan yang diberikan kepada UNTAG Semarang untuk mendidik dan membina putra-putrinya menjadi sarjana dan magister. Dirinya mengharapkan FEB dapat membuka program studi strata 3 (S3) ilmu ekonomi, yang bisa menjadi pilihan studi lanjut para alumni.

Sementara itu H. Moch Ali Hisam dalam sambutan mewakili orang tua wali calon wisudawan, menyampaikan kegembiraan dan rasa bangga anak-anak nya telah berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di Untag Semarang, salah satu perguruan tinggi terbaik di Jawa Tengah. Penghargaan dan terima kasih disampaikan kepada seluruh civitas akademika Untag. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang yang diperoleh selama kuliah tersebut akan menjadi bekal menjadi bekal dalam bersaing di dunia kerja. Harapannya ke depan FEB Untag Semarang lebih sukses dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

Untuk memotivasi calon wisudawan lulusan FEB Untag Semarang menjadi wirausahawan, turut dihadirkan C Ismaryastuti SE MM, salah satu alumni yang sukses membuka usaha rias penganten, sewa properti, video shooting dan lainnya. Menurutnya, masih banyak peluang dengan berwirausaha, mengingat persaingan mencari kerja yang ketat. Calon wisudawan harus merubah mindset untuk tidak saja terpaku bekerja di belakang meja. Lebih-lebih saat ini dipermudah oleh adanya teknologi yang mendukung kreativitas yang menghasilkan barang dan jasa, seperti  bisnis online maupun media sosial.  Yang pertama harus dimiliki adalah keberanian, sikap mental berani mengambil risiko membuka usaha, disesuaikan dengan passion yang dimiliki.

Pada acara pelepasan ini Dekan FEB Untag Semarang memberikan penghargaan kepada calon wisudawan terbaik, yang diperoleh Lala Eva Melyana Insani untuk prodi Manajemen dengan IPK 3,37, Regita Sekar Adisti dari prodi Akuntansi dengan IPK 3,5, dan Wiwit Sulistyowatie SE dari prodi Magister Manajemen dengan IPK 3,93.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas