FEB UNTAG Semarang Dipercaya Selenggarakan Seminar Pajak Bertutur

Jumat, 11 Agustus 2017

Administrator

Fakultas

Dibaca: 137 kali

Guna mewujudkan visi menjadi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis yang berdaya saing di tingkat nasional berlandaskan nilai-nilai nasionalisme, FEB UNTAG Semarang senantiasa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah sudah dua tahun ini dipercaya Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I melakukan sosialisasi masalah perpajakan. Setelah tahun lalu sukses dengan seminar Tax Amnesti, hari ini Jumat 11 Agustus 2017 kembali dipercaya mengadakan seminar dengan tema Pajak Bertutur.

Demikian dinyatakan Dekan FEB UNTAG Semarang Dra. Hj Nurchayati SE M AK CA  di sela-sela acara seminar pajak. Ibu Dekan menambahkan, selain kegiatan seminar, pihaknya juga menyediakan Tax Center guna membantu pelaku UKM membayar kewajibannya, maupun melakukan pelaporan secara online. Melalui Tax Center yang pengelolaannya disahkan dengan SK Rektor,  diharapkan menjadi sarana mahasiswa mengembangkan kompetensinya. Pada muaranya, sertifikat seminar dan pengelola tax center dapat dipakai persyaratan memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Seminar yang diselenggarakan di Gedung Kebangsaan UNTAG Semarang ini menghadirkan nara sumber Bapak Wahyudi dari Kanwil Pajak Jawa Tengah. Hadir dalam acara ini Ketua Yayasan UNTAG Semarang Prof Sarsinto Rini, Sekretaris Yayasan Dr Suparjo, Rektor UNTAG beserta para Wakil Rektor, Pejabat Struktural Untag, dan dosen di lingkungan UNTAG. Acara semakin semarak dengan kehadiran 540 mahasiswa baik dari UNTAG Semarang maupun dari 10 perguruan tinggi lainnya di kota Semarang.

Senada dengan hal itu Rektor UNTAG Semarang Dr. Drs. Suparno MSi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kanwil DJP Jawa  Tengah, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang  komitmen membayar pajak.  Hal ini disadarinya, karena pajak merupakan salah satu penerimaan negara yang dapat dipakai membangun infrastruktur. Selain itu mahasiswa UNTAG Semarang juga telah dibekali mata kuliah perpajakan sehingga diharapkan paham akan peran, fungsi, dan kegunaan pajak.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Bapak Iryawan dalam pembukaan seminar menjelaskan, kegiatan Pajak Bertutur ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia pada hari Jumat 11 Agustus 2017, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Acara diikuti 2000 an sekolah dan perguruan tinggi dengan jumlah peserta didik sebanyak 120 ribu siswa. Tujuannya adalah menanamkan budaya sadar pajak sejak dini untuk membentuk karakter generasi bangsa yang cinta tanah air dan bela negara melalui kesadaran melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Selain itu juga dimaksudkan untuk mempersiapkan generasi emas masa depan yang tidak hanya cerdas, namun juga sadar pajak.

Lebih lanjut Bapak Iryawan menjelaskan generasi muda saat ini akan mengalami golden age di tahun 2045, dimana Indonesia diprediksi menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Bonus demokrasi berupa penduduk berusia produktif, harus dimanfaatkan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Untuk itu DJP berharap jika generasi muda sudah diperkenalkan dengan pajak dan manfaatnya sejak dini, maka pada saatnya nanti mereka menjadi wajib pajak yang tertib.

Bagi yang membutuhkan, presentasi / powerpoint seminar dapat diunduh di menu Download.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas