Dosen FE Untag Semarang Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi

Selasa, 27 Agustus 2013

Administrator

Fakultas

Dibaca: 9819 kali

Kematangan Efikasi Diri Berwirausaha, yaitu roses peningkatan kemampuan berwirausaha mahasiswa  sehingga tercapai kesiapan dan keyakinan kemampuan   diri berwirausaha untuk dapat mewujudkan karier sebagai wirausahawan,yang didasarkan  atas   kemampuan diri dalam mengelola usaha, kemampuan dalam memanfaatkan peluang usaha dan  membangun pendekatan dengan mitra usaha, kematangan mental menjadi wirausahawan, merupakan determinan atau faktor penting yang mempengaruhi Intensi berwirausaha mahasiswa yang kemudian berdampak pada tindakan nyata dalam merealisasikan suatu usaha. Faktor tersebut menjadi mediasi (perantara) faktor-faktor latar belakang yaitu kecenderungan mengambil resiko, internal locus of control,  pengetahuan berwirausaha, pengalaman praktek berwirausaha,serta kesiapan instrumen dalam menumbuhkan intensi berwirausaha yaitu yaitu tendensi keinginan individu melakukan tindakan wirausaha dengan menciptakan produk baru melalui peluang bisnis dan pengambilan risiko. Pada akhirnya, tingginya intensi atau minat berwirausaha akan berdampak positif bagi tumbuhnya perilaku berwirausaha mahasiswa.

Demikian pokok-pokok pikiran dalam disertasi dosen Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang, Susetyo Darmanto, ST, SE, MM dalam ujian promosi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2013. Di depan penguji yang terdiri dari atas Prof. Drs. M. Nasir Msi PhD Akt, Drs. Tarmizi Achmad MBA PhD Akt, Prof. Dr. Sugeng Wahyudi MM (Promotor), Prof. Imam Ghozali MCom PhD Akt (co-promotor), Dr. Indi Djastuti MS (co-promotor), Prof. Dr. Augusty Tae Ferdinand MBA, Drs. Ibnu Widiyanto MA PhD, dan Dr. Alimudin Rizal Rivai MM, Susetyo Darmanto, ST, SE, MM berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan baik sekaligus mampu mempertahankan disertasi yang diajukannya.

Dari hasil penilaian dosen penguji, promovendus dinyatakan LULUS dengan predikat SANGAT MEMUASKAN dengan IPK rata-rata 3,58 lama studi 4 tahun 5 bulan, sehingga berhak menyandang gelar Dr. H. Susetyo Darmanto, ST, SE, MM.

Promotor dalam pesan penglepasan mengucapkan selamat Dr. H. Susetyo Darmanto ST SE MM. Tak lupa diucapkan terima kasih kepada para penguji yang telah mengantarkan menjadi doktor. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada keluarga (ibu, istri, dan anak) yang selalu mendukung. Selanjutnya promotor menjelaskan bahwa Dr. H. Susetyo Darmanto ST SE MM mampu memunculkan konsep baru, yaitu kematangan efisikasi diri berwirausaha.

Kepada keluarga besar Untag Semarang diucapkan terima kasih yang telah mendukung proses studi ybs.  Mudah-mudahan UNTAG dapat memanfaatkan sebaik-baiknya ilmu yang didapatkannya. Tak lupa kepada ybs diminta untuk selalu menjaga nama baik almamater, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan pesan dan kesan, Dr. H. Susetyo Darmanto ST SE MM mengucapkan terima kasih kepada Dewan Promotor atas kesabarannya membimbing, Kepada Ketua Program, Dewan Penguji. Studi di S3 Undip telah mendorong untuk terus belajar. Kepada Keluarga diucapkan terima kasih, demikian halnya kepada segenap Jajaran Untag Semarang, rekan-rekan atas dorongan dan doa untuk kesuksesan studi.

Dekan FEB Undip, Prof. Drs. M. Nasir Msi PhD Akt  dalam pesannya menyampaikan selamat menjadi doktor ekonomi konsentrasi manajemen kepada ybs, sehingga menjadi kebanggaan bagi keluarga dan almamater. Disertasi yang disusun tentang kewirausahaan diharapkan dapat memperkuat ekonomi dalam negeri, serta virus kewirausahaan dapat dikembangkan. Mudah-mudahkan ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan kepada masyarakat. Terima kasih diucapkan kepada keluarga dan almamater yang telah mendukung studi selama ini.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas